Intentional Camera Movement


Hampir semua pencinta fotografi akan terobsesi menghasilkan sebuah foto yang jelas serta tajam, untuk itu mereka tidak segan-segan untuk menambah gear berupa lensa-lensa yang memiliki kaca berkualitas serta teknologi peredam getaran tersemat didalamnya, bersandingkan kamera canggih dengan teknologi teranyar.

Hasilnya sudah barang tentu jelas dan tajam, sehingga seringkali ada candaan “saking tajamnya foto dari lensa kelas atas ini, bisa kita gunakan untuk memotong sesuatu”. Fotografi bukanlah hanya “gear”, walaupun tidak menafikan itu.

Tantangan WPC Kampret kali ini diluar kebiasaan, jika foto hasil fokus terkunci pada objek dengan presisi pastilah menghasilkan sesuatu yang tajam dan jelas sudah biasa, namun tantangannya kali ini adalah membuat ICM (Intentional Camera Movement), pergerakan pada kamera yang disengaja.

Terdengar seperti janggal ICM ini, apapun objeknya, apapun jenis genre dalam fotografi, pergerakan yang terjadi pada kamera ataupun lensa dengan tidak sengaja dalam mengambil gambar akan mengakibatkan hasil yang buruk (baca:kabur) apalagi disengaja.

Sebenarnya pergerakan pada kamera atau lensa, juga bisa gabungan keduanya bukanlah hal yang asing, seperti  panning (mengerakkan kamera searah dengan arah gerakkan objek sehingga hasilnya, objek tampak tajam dan background menjadi kabur), dan zoomburst(zoom in/kondisi lensa saat mengambil gambar pada posisi wide dan berakhir pada posisi tele, zoom out/kondisi lensa posisi tele dan berakhir pada wide).

Sekarang kita coba mengenal pergerakan-pergerakan lainnya seperti tilt up/down, swing, rotate, move in/out yang bisa digunakan. Walaupun ICM terdengar sangat teknik, membuatnya tidak terlalu sulit, yang kita lakukan hanyalah membuat frame menjadi seperti kanvas putih dan kita mulai melukiskannya di sana dengan pergerakan kamera ini. Satu hal yang perlu ditekankan untuk mulai mencoba ICM yaitu; cahaya, warna, dan bentuk.

Memulainya

pertama, kita memang harus menggunakan shutter speed yang lambat, dan secara handheld. Speed bisa bervariasi mulai 1/10 sampai 2 detik, tergantung bagaimana kita menggerakkan kamera. Gerakkan perlahan bisa menghasilkan hasil yang seperti lukisan, tidak perlu dengan gerakkan yang terlalu berlebihan.

 Foto ini diambil dengan cara memutar kamera, hasilnya akan seperti ini.

1384514255259803465
                                                                                    Huruf

Menggerakan kamera ke kanan, segaris dengan horisontal

1384513729131479395
                                                                                      Landsape

Menggerakan kamera dengan swing kiri dan kanan.

13845144301310825163
                                                                                         Penari

Menggerakan kamera dengan tidak beraturan.

1384515190299236357
                                                                                        Love U?

Menggerakan kamera dengan tilt up/tilt down.

1384515306762236957
                                                                               Kipas Angin

Menggerakan kamera dengan move in

13845155521370948337
                                                                                  Rumput Boko

Seringkali pada setiap tantangan WPC ada yang bertanya, apakah ini hanya bisa dengan DSLR saja? Saya selalu menjawab tidak, ICM bisa dengan menggunakan kamera saku ataupun ponsel dengan kamera. Jika kamera saku itu mendukung fitur manual tentu bisa dengan mudah kita memainkan setting namun jika tidak ada fungsi manual, kita bisa memanfaatkan kondisi sekitar yang agak gelap, ataupun menggunakan fitur flash yang terset pada low sync, pun demikian dengan ponsel berkamera, kondisi yang gelap ada syarat mutlak untuk membuat ini, namun jika ponsel memiliki os yang sekarang banyak dipakai seperti, Android, IOS, dan Window Mobile, banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat ICM ini, tinggal kita menggunakan fungsi search dengan kata kunci low shutter, pada Google play, Apple store, Nokia Store ataupun, Windows Mobile Store.

Selamat mencoba, dan salam jepret

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s