Membuat Picture Style Sendiri


Pertama adalah install picture style editor yang ada pada CD bawaan ketika kita membeli kamera. Jika sudah terinstall, kemudian yang kita butuhkan adalah photo dengan format RAW agar bisa dijadikan bahan pic style.

Disarankan menggunakan photo yang ada objek manusianya, agar skin tone atau warna kulit tidak berubah menjadi aneh seperti kulit alien.

  • Klik File–>Open Image atau CTRL+O, tutup tool palette yang muncul. Kemudian klik tab tool–>preliminary adjustment(CTRL+B) untuk mengeset brightness adjustment dan white balancenya.

1a

1b

1c

  • Jika sudah selesai, tampilkan tool palette kembali(tab view–>tool palette, atau CTRL+T), split jadi dua tampilan agar kita bisa membandingkan asli dan hasil editnya.

1d

Saya menggunakan basic picture style dari Canon, namanya P-Studio disini. Atur slider pada Sharpness, contrast, color saturation dan color tone. Bila perlu edit tone curve(untuk pertama kali mungkin bisa menggunakan setting sama seperti saya, selanjutnya bisa di optimasi sendiri).

Tab selanjutnya ada Six-Color Axis (saya tidak menggunakanya, maka kita skip) lanjut tab berikutnya, yaitu specific colors, di sini adalah dapurnya bila kita istilahkan dalam memasak, hehehehe

1e

Yang perlu diperhatikan pertama adalah, centang Show affected area on images untuk menjaga agar skin tone tidak ikut berubah warnanya. Kemudian aktifkan icon eyedrop tool, untuk seleksi warnanya.

1f

Area abu-abu yang berkedip-kedip adalah karena kita mencentang Show affected area on images.

1g

Jika sudah selesai seperti gambar diatas, maka pada bagian kanan, warna asal dan perubahannya akan kelihatan.

  • Save pic style file(ctrl+S) jika sudah selesai. Isikan Caption dan Copyright-nya. Centang Disable Subsequent Editing, bila tidak ingin pic sytle kita dapat di intip org apalagi di edit. Namun konsekuensinya adalah kita tidak bisa menggunakannya lagi untuk diedit ulang.

1h

Selesai fitur basic, selamat mencoba….

 

NB: file photo courtesy kak Heri Hardiyan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s