Merawat Memori Kamera


Hari ini nonvolatile memory sangatlah penting. Hampir semua lini kehidupan dalam hal teknologi menggunakannya, mulai dari perangkat genggam pribadi hingga media rekam semua menggunakan nonvolatile memory ini.
Semakin murah dan semakin mudah mendapatkannya membuat sering kali kita abai dalam merawatnya, berikut ini beberapa tips untuk mengamankan memory kita ini. Terutama bila kita menggunakannya untuk keperluan media rekam. Akan jadi bencana bila data yang sudah kita simpan tiba-tiba lenyap begitu saja seperti uap air.

1.    Pastikan kita membeli produk yang asli.

i) Merek-merek yang ada dipasaran seperti Sandisk, Transcend, Lexar, Toshiba dan Kingston, saat ini bisa dikatakan masih original, tetapi suatu saat nanti bisa saja terdapat produk aspal. Ada beberapa cara untuk memastikan memory yang kita beli itu asli. Pertama, dengan masuk ke website merek untuk verifikasi produk. Kita akan diminta memasukan serial number yang ada pada kemasan ataupun pada belakang memory, beberapa laman verifikasi;
•    http://www.kingston.com/en/support/product_verification
•    http://www.transcend-info.com/support/verification

2 3

ii) Menggunakan, software untuk check dan recheck2

2.   Pastikan memory selalu dalam keadaan bersih, minyak dan debu yang menempel pada pin-pin kuningan pada memory bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Bila perlu siapkan dompet khusus atau kotak pelindung memory.

4

3.  Tidak menggunakan card reader abal-abal, sering kali kita melihat waktu pameran computer harga card reader ini hanya 25 ribuan, saran; lupakan harga murah jika kelak bisa menimbulkan masalah pada data. Jika memiliki laptop/netbook bisa menggunakan card reader bawaan, akan lebih baik.

5
Yang perlu diperhatikan kemudian adalah, saat kita mencopot/melepas memory dari slot memory pada kamera/camcorder pastikan kita melakukannya dengan pelan-pelan tanpa terburu2. Kemudian tutup kembali slot memory sesudah memori tercabut sebab ada pin kuningan yang berada pada slot memory camera yang sangat sensitive, debu krikil kecil yang masuk bisa mengakibatkan pin ini malfungsi.

6

4.   Bila memutuskan untuk menggunakan kabel data yang langsung terhubung pada kamera/camcorder. Pastikan kita menggunakan kabel data yang baik, kabel data bawaan bisa dipergunakan. Kedua, yang perlu diperhatikan juga adalah apabila kita menggunakan kabel data ini, sebaiknya menggunakan port langsung pada universal serial bus yang ada pada computer/laptop, bukan menggunakan usb hub atau sambungan usb.

7

5.  Tidak menggunakan microSD dengan adapter housing Pin-pin pada adapter yang tidak menyentuh kuningan microSD seringkali membuat banyak masalah.

8

6.   Selalu menggeser pin lock pada memory, bila kita memindahkan data dengan card reader. Agar virus yang ada pada computer/laptop tidak bisa berkembang biak pada memory kita. Secara sederhana, saat memindahkan data pada computer/laptop, sebenarnya kita hanya membutuhkan fungsi membaca(read), tidak membutuhkan fungsi menulis (write) data pada memori, sedangkan virus atau malware yang ada hari ini membutuhkan fungsi menulis ini agar bisa menyebar.

Itu beberapa tips yang bisa dipergunakan untuk menjaga memori kita secara fisik. Selanjutnya adalah menjaga data dari kebiasaan yang kurang baik dalam mempergunakannya sebagai alat media rekam.

 1.   Hentikan mengambil gambar sejenak, saat lampu buffer menyala simultan.

0

2.   Jangan melepaskan kartu saat kamera masih mengakses data yang ada di memori. Tunggu beberapa detik saat tutup slot memori terbuka, lampu busy indicator akan menyala sebentar, baru setelah itu kita bisa melepaskan kartu.

3.   Jangan melepaskan kartu bersamaan dengan kamera dimatikan,  dan jangan mengambil gambar ataupun editing on camera saat indicator baterai berkedip, tanda baterai melemah.

4.   No backfilling, kebiasaan kita adalah menghapus  beberapa foto yang dianggap kurang baik, saat memori penuh agar bisa mengambil gambar kembali. Kamera akan memaksa data baru masuk pada tempat yg ditinggalkan data lama yang dihapus, kebiasaan ini kurang baik bagi struktur memori.

5.   Jangan memutar foto(rotate)/meng-edit, saat sedang transfer data ke computer/laptop dengan kabel data.

Berkaitan dengan penggunaan memory pada computer/laptop saat mentransfer data, sebaiknya senantiasa tidak menggangu proses transfer dengan melakukan multi tasking pada data yg ada di memori, seperti membuka, mengedit, dan menghapus. Pastikan juga computer/laptop kita sudah menyelesaikan proses pemindahan ini dengan sempurna, baru kemudian kita bisa mencopot kartu dengan cara eject removable data, pada notication area icon di pojok kanan computer.

Permasalahan yang sering muncul akibat kita lalai:

1.   Minta diformat.

0b
Ini terjadi karena struktur data yang ada pada memori rusak. Tanpa format kita tidak bisa mengakses memori, dan jika di format berarti semua data akan hilang.  Permasalahan ini muncul karena banyak factor, antara lain; menggunakan card reader yang murah, computer masih mengakses data ketika kita cabut memori.
Bagaimana menghadapi masalah seperti ini? Mau tidak mau kita harus format memori terlebih dahulu. Kemudian menggunakan software recovery data yang biasanya disediakan produsen kartu, untuk mendapatkannya kita bisa mengunjungi laman mereka.

2.   File pada memori berubah extensinya menjadi .chk.
Kejadian ini akibat struktur data error, namun masih bisa dibetulkan oleh  fungsi chkdsk pada OS. Cara mengatasinya adalah menggunakan software untuk mengubah .chk. Salah satunya dengan software-software seperti Unchk, Filechk, CHKmate.

3.   No Disk

0c
Jika sudah muncul seperti ini, yang bisa kita lakukan adalah scanning ulang, jika tidak berhasil kita perlu masuk pada disk management(khusus os Windows). Ubah letter drive dimana memori berada sebelumnya, contoh:bila sebelumnya ada di drive D:, bisa diubah menjadi F:
Kemudian gunakan software dari sdcard.org, untuk menformat ulang: https://www.sdcard.org/downloads/formatter_4/

 

Semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s