Mengganti Lensa Dengan Baik


Tidak bisa dipungkiri dengan adanya kemajuan teknologi, fotografi yang dulu hanya digunakan untuk kalangan tertentu yang memang berkecimpung didalamnya ataupun para hobies, sekarang bisa nikmati oleh siapapun juga, tidak ada halangan atau batasan untuk itu selama kita mampu membeli.

DSLR(Digital Single Lens Reflex) adalah salah satu bentuk kamera yang ada, selain ponsel berkamera ataupun kamera saku. Kemampuannya yang mumpuni hingga hasil yang memuaskan seringkali menjadi pilihan utama dalam membeli sebuah kamera. Tidak peduli anak-anak, orang dewasa, ataupun yang lanjut usia sekalipun. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh DSLR adalah mempunyai kemampuan untuk melepas tukarkan sebuah lensa.

Lensa merupakan salah satu bagian yang penting dari sebuah kamera, yang mempunyai fungsi untuk meneruskan sinar, dan memfokuskannya, sehingga bagian lain dari kamera yang berfungsi untuk menerima cahaya bisa menangkap citra/gambar, sehingga terciptalah esensi dari sebuah fotografi yaitu melukis dengan cahaya. Lensa terdiri dari elemen-elemen kaca yang tersusun sedemikian rupa hingga mampu membuat “titik api” tepat pada medium penerima, seperti film pada kamera analog, dan sensor pada kamera digital. Susunan elemen-elemen ini membuat lensa terdiri dari dua kategori, prime/fix lens dan zoom lens.

 

Lensa
Lensa

Dengan adanya kemampuan untuk melepas tularkan lensa ini, tentu menghasilkan foto-foto yang menakjubkan sesuai dengan “karakter lensa”. Namun seringkali kemampuan menukar lensa ini membuat kamera terutama bagian penting dalam menangkap image yang bernama sensor menjadi kotor, atau bahkan lensa itu sendiri yang menjadi kotor, akibat kemasukan debu-debu halus.

Berikut tips yang bisa lakukan untuk mengganti sebuah lensa dengan baik dan benar.

  • Kalungkan tali DSLR pada leher, pasanglah kembali front cap, atau tutup depan lensa yang akan diganti. Arahkan kamera kebawah, hal ini berguna untuk menghindari terpaan angin yang mungkin saja membawa debu halus, ataupun mengandung zat kimia yang membahayakan, seperti di tepi pantai dimana kandungan garam yang tinggi. Jangan lupa matikan kamera, kamera yang menyala membuat sensor ibarat magnet bagi debu-debu halus/micro
13835817031201935843
Pasang front cap
  • Longgarkan lensa, namun jangan sampai lepas. Pegang keduanya dengan tangan kiri, sementara tangan kanan melonggarkan end cap, atau tutup lensa belakang pengganti.
1383582273435525048
tangan kiri, memegang bodi dan lensa yang sudah kendor. Sementara tangan kanan melepaskan end cap lensa pengganti
13835825771172989901
Lepaskan end cap
  • Lepaskan lensa dengan tangan kanan, sementara tangan kiri menutup lubang lensa. Kamera tetap menghadap kebawah. Letakkan lensa lama, tutup dengan end cap, pasang lensa yang baru. Lakukan dengan cepat.
13835829571577641036
tangan kiri menegang bodi, sambil menutup lubang lensa, tangan kanan mengganti lensa.
13835831712061817626
Ganti end cap ke lensa yang lama
13835833031646571353
Tangan kanan mengambil lensa, dengan telapak tangan menutup lubang lensa

13835835231806840424

  • Pasanglah lensa dengan tangan kanan. Maka selesai sudah cara mengganti lensa, lensa yang lama bisa dimasukkan kedalam tas. Siap untuk mengambil gambar kembali/
13835837191851184763
Lensa sudah terpasang

Walaupun tips, diatas adalah cara yang benar. Namun butuh kebiasaan untuk bisa mengganti dengan baik dan cepat. Membuka kuncian lensa di kamera, melepas dan memasang end cap membutuhkan latihan. Saat senggang jangan lupa berlatih untuk melepas tukarkan lensa-lensa yang kita miliki. Bila terpaksa melakukannya dalam kegiatan diluar ruangan, hindari mengganti lensa saat angin berhembus kencang, carilah pojok-pojok tempat yang terlindung. Selamat berhunting ria.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s