Foto yang Berkarakter


Pernah denger idiom ini, ‘foto yang bagus itu foto yang berkarakter.’ Apa itu karakter? Kata? Watak?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Karakter memiliki arti: 1). Sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. 2).Karakter juga bisa bermakna “huruf”.

Terus kalo di tarik ke dunia seni, karakter itu menjadi apa?

Karakter jika dalam seni terutama dalam fotografi memiliki makna ciri khas. Ciri khas yang unik dari si ‘penembak’ di belakang viewfinder, dan disebut unik karena memang tidak ada karakter yang identik, dalam artian semua punya bentuk sendiri-sendiri antara fotografer satu dengan yang lainnya.

Bagaimana menghasilkan foto berkarakter?

Karakter foto terbentuk melalui tahapan yang intens, disertai kecintaan dan totalitas. Intens berarti dilakukan terus menerus, totalitas berarti kesungguhan hati dan kecintaan berarti memang memilih dunia fotografi ini. Tanpa tiga hal tersebut hampir tidak mungkin memiliki karya foto yang berkarakter.

Melatih mata terhadap cahaya, elemen pembentuk gambar, adalah awal yang bagus untuk memulainya, kecintaan dan totalitas kita akan mengikuti kemudian, seperti ‘witing tresno jalaran seko kulino’, hanya saja totalitas kita kemudian dapat terganggu sedikit oleh GAS(gear acquisition syndrome). Jujur jika ada pertanyaan yang ditujukan kepada saya, apakah alat bisa mempengaruhi karakter, maka saya akan jawab tidak. Alat tidak akan pernah membuat karakter suatu foto, contoh; jika saya bertanya pada Annie Leibovitz, kameranya apa dan kemudian saya pakai, apakah karya-karya Annie Leibovitz yang sangat berkarakter bisa saya samai, atau bila saya bisa menyanyikan lagu dengan gitar yang sama lagu-lagu ciptaan Iwan Fals, saya juga punya karakter menyanyi seperti beliau? Disini perlu sedikit kehati-hatian akan GAS.

Simpel ya, cara agar foto kita berkarakter. Hanya dilapangannya agak pusing sedikit. Hehehehe

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s