Enhancing Eyes in Photoshop


Mata adalah sasaran utama ketika kita memutuskan dimana titik fokus dari kamera kita berada. Karena memang bagian tubuh inilah yang akan paling menentukan objek itu hidup, ber’gairah’ dan memiliki harapan atau sebaliknya, pada hasil akhir akan suram terlihat, tidak ada ‘gairah’.

Namun sebelumnya harap dicatat sebaiknya mata yang akan diedit dalam kondisi benar-benar fokus, tajam, dan tidak meleset. Bisa saja diakalin cuma mungkin lain kesempatan untuk gimana menajamkan foto yang meleset.
Pertama, sebaiknya pahami dulu bagaimana kontur mata, iris, pupil, dan kornea mata itu. Tidak begitu susah, tinggal buka google image dan masukkan keyword eye, pilih ukuran yang besar, atau lihat cover note ini (mata saya). Mari lanjut

Bagaimana seharusnya hasil akhir dari sebuah foto untuk mata.
Inilah konsep dan analoginya dalam mengedit mata, foto mata yang terekam idealnya akan ada catch light(pantulan dari sumber cahaya), catch light ini akan terang, dan bentuknya akan sesuai dengan bentuk sumber cahaya, baik itu pantulan matahari, jendela, atau artificial light dan modifiernya. Walaupun catch light ini cenderung lebih terang, namun area disekelilingnya akan cenderung lebih gelap, sedangkan area mata yang berlawanan dengan catch light akan terlihat lebih terang.
Kedua, setelah kita pahami bentuk mata, atau bentuk kontak lensa yang digunakan subjek foto kita, saatnya kita buka file foto yang akan di edit pada photoshop (seri PS apapun ga masalah).

Buka dan add layer baru

Add layer baru dan klik brush, bikin bentuk sesuai kontur iris mata
Disini maksud saya untuk mempelajari bentuk/ kontur mata terutama iris dibagian atas note ini, agar kita mampu membuat brush yang nanti tampak natural, tidak aneh.

Untuk lebih jelasnya, di foto ini saya bikin dua layer brush.
Langkah selanjutnya adalah mengubah layer brush yang sudah kita bikin tadi, menjadi soft light atau overlay pada blend mode-nya.

udah blend mode, yg saya kotakin merah.
Langkah selanjutnya adalah membuat kedua layer brush tadi tidak begitu jelas tepinya agar bisa menyatu dengan mata, maka kedua layer tadi akan saya gaussian blur, klik tab filter–>blur—>gaussian blur. Nilainya sesuai selera, atau sesuai foto.
Jika sudah, kedua layer brush tersebut kita group(pada intinya ini hanya masalah manajemen layer saja ini agar mudah).
Langkah selanjutnya adalah menambahkan curve layer pada adjustment layer, dan overkan fotonya, begini bentuk curvanya. Jika sudah kemudian kita invert pada bagian masking(kotak putih disamping curve)nya dengan menekan CTRL+I. Maka kotak putih tadi akan berubah menjadi kotak hitam dan foto akan kembali menjadi normal tidak over lagi, selanjutnya kita klik brush (keyboard B), sapukan ke area yang bersebrangan dengan catch light.

Add curve layer, overkan dan pada bagian masking kita invert,

Invert dan brush area mata yang bersebrangan dengan catch light
Jika sudah, lakukan hal yang mirip, add curve kembali dan kali ini curvanya dibuat under exposure. Lakukan hal sama dengan curve over, invert, kemudian brush masking, pada area dibelakang catch light dan dipinggir sepanjang iris.

Add curve layer dan under-kan

Masking invert dan brush pinggir irisnya
Selanjutnya grup kedua layer curve tadi, agar terlihat lebih realistik, maka kedua grup tadi baik brush(warna) ataupun grup curve bisa dikurangi opacity-nya sesuai selera.
Langkah penutup buat gongnya……. add new layer biasa (CTRL+ALT+N), klik sharpen tool, sapukan pada bagian yang ingin diperlihatkan detailnya (mata, alis mungkin, semua sesuai selera), saya gunakan sekitar 30 persen strength-nya

Penutupnya, dengan sharpen tool
Selesai sudah, enhance eye via photoshop…. semoga bermanfaat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s