Instal Aplikasi Tanpa Jailbreak


Install aplikasi yang ada di luar appstore hampir mustahil sekarang tanpa jailbreak, karena apple memperbaharui sistemnya dengan memperketat sistem verifikasi untuk menginstall aplikasi-aplikasi di luar appstore, diperparah dengan belum hadir jailbreak untuk ios 9.3.5. Pangu yang biasanya cepat mengeluarkan cara untuk bisa jailbreak sepertinya juga masih kesulitan untuk bisa menembus sistem OS ‘apel kroak’ ini.

Namun ada satu alternatif lain untuk bisa menginstal aplikasi dari luar appstore. Yang kita butuhkan hanya PC/laptop, kabel data, software terbaru dari itunes(bisa update atau ambil disini), selanjutnya kita membutuhkan software dari cydia, cydia impactor.

Update/install itunes terlebih dahulu untuk memperbaharui sistem, colokan device kita ipad/iphone, backup. Jika selesai tutup itunes(pastikan sudah tidak ada pada task manager) dan cabut kabel data. Mekarkan/unzip cydia impactor yang telah kita unduh tadi, buka foldernya dan jalankan impactor.exe, (impactor ini bisa untuk OS android ataupun IOS). Colokan kembali kabel data, seharusnya impactor bisa langsung mendeteksi device kita.

impactor
Tampilan impactor yang mendeteksi bluestack
satu
Tampilan ketika impactor otomatis mendeteksi device kita.

Selanjutnya kita tinggal membuka folder dimana aplikasi(.ipa) yang ingin kita instal, kemudian klik dan drag ke impactor ini, maka impactor akan otomatis menginstallnya. Namun untuk bisa lanjut kita harus memasukkan ID dan Password yang kita pakai pada appstore(jika parno, kita bisa membuat id baru, kemudian logout dari id lama yg ada di appstore, atau sementara kita bisa mengganti password ID kita dulu, baru nanti bila selesai bisa kita ganti lagi passwordnya).

4

6
Tampilan saat impactor sedang mencoba menginstall

Selanjutnya bila lancar, aplikasi akan otomatis diinstal pada gawai kita.

8

Jika kemudian gagal install dan keluar notif seperti diatas, ada dua kemungkinan; pertama, server apple sedang main tenis(baca: maintenance), untuk melihatnya kita bisa cek ke, https://www.apple.com/support/systemstatus/…… pastikan semua ber-icon hijau, atau cek status di bagian bawah pada detailed timeline untuk info.

status

Kedua, aplikasi yang kita unduh terlalu jauh diubahnya(aplikasi yang telah crack/hack/patch, mungkin sertifikasinya terlalu jauh menyimpang dari aplikasi awal) sehingga impactor juga kesulitan menulis ulang agar bisa diinstall pada gawai kita. Solusinya, cari aplikasi serupa pada lain tempat kita mengunduh, contoh; bila kita mengunduhnya dari situs1.com, kita bisa coba mencari pada situs2.com untuk aplikasi yang sama.

90
contoh

Seperti gambar diatas ini, aplikasi pertama dan kedua, selalu gagal dan memunculkan notif provison.cpp:62, namun file ketiga lancar jaya diinstal dan bisa dipakai, padahal jika dilihat besarnya file juga sama persis ketiganya.

23

Jika lancar impactor akan lanjut install, dan install pada gawai kita.

Selanjutnya, walaupun sukses terinstall pada gawai, kita blum bisa menggunakannya, maka akan muncul notif seperti ini.

aaaa

Maka kita harus masuk pada setting –> general—> device management (lingkaran merah) untuk kasih trust, agar aplikasi bisa dipakai.

aaassss

33333333333

Selesai, kita bisa menggunakan aplikasi tersebut.

2017_02_12_img_2438

Ini hanya untuk tes dan hanya untuk mencoba semata, tetap dukung pengembang dengan membeli aplikasinya bisa kita suka. Harap diingat, bahwa kita tau file/aplikasi yang berada diluar appstore itu sudah termodifikasi. Sangat riskan bila kita menggunakannya, kita tidak tahu apakah aplikasi itu bersih, atau telah disusupi malware.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s